Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk DIDAKTIK?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN PENULISAN

1.    Naskah belum pernah dimuat/diterbitkan di media lain, diketik 2 spasi pada kertas HVS ukuran kuarto, jumlah 10 – 20 halaman dilengkapi abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris sebanyak-banyaknya 75 – 100 kata dan kata kunci sebanyak 5 pengertian (deskriptor). Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing ragam tulis baku. Naskah ditulis dalam disket dengan menggunakan pengolah kata Microsoft Word, WordStar, WordPerfect. Naskah dikirim ke alamat penyunting dalam bentuk ketikan dan disertai disketnya selambat-lambatnya dua bulan sebelum bulan penerbitan.
2.    Artikel yang dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang  hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tinjauan kepustakaan, dan resensi buku terbaru yang berkaitan dengan pendidikan, humaniora, sains, dan pembelajarannya.
3.    Artikel hasil penelitian memuat: (a) judul, (b) nama peneliti (tanpa gelar akademik), (c) abstrak, (d) kata kunci, (e) pendahuluan (masalah, tujuan, dan manfaat penelitian), (f) metode, (g) hasil, (h) pembahasan, (i) kesimpulan dan saran, (j) daftar rujukan, dan (k) identitas penulis.
4.    Artikel konseptual/kajian dan aplikasi teori, tinjauan kepustakaan memuat: (a) judul, (b) nama penulis (tanpa gelar akademik), (c) abstrak, (d) kata kunci, (e) pendahuluan, (f) pembahasan (terbagi atas sub-subjudul), (g) penutup, (h) daftar rujukan, dan (i) identitas penulis.
5.    Artikel resensi buku, selain menginformasikan bagian-bagian penting dari buku yang diresensi juga menunjukkan bahasa secara mendalam kelebihan dan kelemahan buku serta membandingkan teori/konsep yang ada dalam buku tersebut dengan teori/konsep dari sumber-sumber lain.
6.    Artikel yang memenuhi syarat penulisan diseleksi dan diedit oleh penyunting untuk penye-ragaman format dan gaya penulisan tanpa mengubah isinya.
7.    Artikel ditulis dengan format esai. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian:

    PERINGKAT 1, HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI
    Peringkat 2, Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri
    Peringkat 3, Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri

8.    Daftar rujukan hanya memuat rujukan yang benar-benar dirujuk dalam artikel dengan contoh penulisan sebagai berikut:

    Armstrong, David G. 2003. Curriculum Today. Columbus, Ohio: Merrill Prentice Hall.
    Laia, Asa’aro. 2006. Menelusuri Realita, Mengaktualisasikan Tuntutan, dan Melihat Mutu
    Pendidikan Kita. Makalah disajikan dalam Seminar Kependidikan HUT PGRI ke-61 Tahun 2006, Kecamatan Gidõ, Gidõ, 15 November.
    Supriyanto, Achmad. 2001. Kontribusi Sektor Swasta terhadap Upaya Peningkatan
    Kualitas    Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,
    Tahun ke-7, Nomor 028, Maret, hlm. 57- 66.
    Telaumbanua, Sadieli. 2006. Representasi Nilai Budaya Nias dalam Tradisi Lisan. Disertasi  tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.

9.    Penulis yang artikelnya dimuat dikenakan kontribusi publikasi sebesar Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) setiap artikel dan sebagai imbalannya penulis memperoleh dua  eksemplar jurnal sebagai bukti pemuatan.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 


ISSN: 2302-9803
Repositori Ilmiah Indonesia